
Selamat pagi Kebumen!!! Hihi, kayak mimpi rasanya. Baru kemaren kayaknya Lia lagi Depok. Eh, sekarang dah ada di Kebumen. Ratusan kilometer jauhnya dari Depok. Wuih, udaranya seger banget disini. Bikin Lia narik selimut lagi di kasur empuk, kamar Heni. Emang udaranya bikin orang jadi pules tidur, saking pulesnya plus kecapean juga Lia bangun jam 11 siang!! Duh, maaph ya mba Heni jadi ga enak…
Perjalanan ini dah direncanain dari semester lalu. Pokonya liburan semester 4 kita harus liburan ke Kebumen!! Ke rumah HeNicHan n MurciLa. Sayangnya temen-temen yang lain pada ga bisa ikut, soalnya ngambil Semester Pendek. Padahal mereka pengen banget ikut. Akhirnya yang bisa ikut cuma Lia, Dedew, HeNicHan n MurciLa. Kita dah buat jadwal seminggu di Kebumen, termasuk jalan-jalan ke Djogja!!
Kita berangkat Rabu malem (9/7) jam 7 malem naik kereta api bisnis di Jatinegara. Meskipun Lia biasa tiap minggu pulang ke Rangkas naik kereta, tapi perjalanan ini beda!! Kita menghabiskan waktu 9 jam di kereta!! Ngapain aja yah? Makan ga selera, baca buku pusing, bobo aja ah…
Kita sampai di Stasiun Kebumen Kamis (10/7) jam 4 pagi!! Wuih.. ga kerasa Lia 9 jam di kereta. Sungguh badan patah-patah rasanya. Kita dijemput sama Bapaknya Heni, ke rumahnya Heni pastinya. Matur nuwun pa…
Kamis (10/7) Ok, perjalanan pertama adalah main ke rumah Mbahnya Heni. Di sini dinginnya lebih dingin dari di rumah Heni. Disini kita dijamu sama macem-macem makanan. Baru siang-siang disuguhin mpek-mpek, trus sorenya dipesenin bakso. Pokonya ga bisa nolak. Harus dimakan!! Kalo gini terus, Lia bisa gendut disini. Yesss!!! Itu sih maunya… Katanya sih, biasanya disini sepi. Tapi berhubung liburan sekolah, sepupu-sepupu Heni yang masih SD pada main ke sini. De Silmi, De Windi sama Atras. Kita main bulu tangkis, tenis. Seru deh pokonya, sampe ngejar bola segala di got. Hiy….
Jumat (11/7). Ini dia perjalanan yang ditunggu-tunggu tRip ke Djogja!!! Hehe, it`s my first time lho Sebelumnya kita mampir dulu ke rumah Mbahnya Dedew di Purworejo.Duh, pake ada acara nyasar segala!! Ga taunya Dedew tuh ga tau rumah Mbahnya di mana. Dodol yah…. Katanya sih dia terakhir kesana pas TK. Yang dia inget cuma patung kuda. Jadilah kita terlunta-lunta di jalan mencari rumah Mbahnya Dedew. Dan ternyata setelah tanya kiri kanan, kanan kiri akhirnya sampailah kita! Rumahnya tuh keren, masih rumah jaman dulu gitu. Gambar di mushollanya aja, Wakil Presidennya masih Pak Tri Sutrisno. Itu mah jaman kapan coba ?!@#$^&*
Next Destination is…. Malioboro!!! Namanya juga cewek, ya paling heboh deh kalo disuruh belanja. Ini itu dibeli, dikit-dikit mampir, dikit-dikit nyangkut, sikat sana sikat sini. Biasa lah cewe, yang di beli tuh kaya gelang-gelang, tas-tas lucu, sandal, ya gitu-gitu deh. Saking asiknya sampe ga inget makan, ga inget pulang. Duh, pusing deh. Udah puas tuh belanja, akhirnya sampe di ujung Malioboro, baru deh nyerah. Kita mau nyari makan ke KOPMA UGM, yang konon katanya makanannya enak. Dan ternyata bener!! Ayam bakarnya, bumbunya maknyus banget… Kita kesana naek Trans Djogja. Beuh, ga taunya di Djogja juga ada bus way. Trus perjalanan malem ini berakhir di kos-kosannya Iin – temen Heni. Maksudnya sih, biar hemat uang penginapan. Hehe.. Makasih ya…
Sabtu(11/7) Djogja pagi hari…
Enaknya sih kalo jalan-jalan jauh gini, makan makanan khas daerah itu. Makanya, pagi-pagi gini kita nyari gudeg buat sarapan pagi.Uhm,,akhirnya ketemu juga. Trus kita makan gudeg sama-sama. Uhm,, enak..
Perjalanan pagi ini adalah ke Museum Seni dan Budaya Jawa di daerah Kaliurang. Di sana dimuseumkan berbagai patung dan lukisan raja-raja Jawa. Sultan Hamengku Buwono, Paku Alam, istri-istrinya. Di sana ada lukisan yang sangat menarik, lukisan 3 dimensi yang matanya ngelirik ngikutin kemana kita berada, kita ke kanan matanya ngelirik ke kanan, kalo kita ke kiri matanya ngelirik ke kiri.
Tour selama dua jam ini bener-bener nambah pengetahuan kita tentang Kebudayaan Jawa. Yang jadi suku Jawa harus bangga, soalnya Jawa merupakan suku yang telah mempunyai peradaban yang lengkap mulai dari seni, bahasa, huruf, kesenian, rumah, kain, pokonya lengkap deh.
Perjalanan selanjutnya dilanjutkan ke Candi Prambanan, Trayek kendaraan dibuat sedemekian rupa sehingga, cuma wisatawan bisa langsung ke candi Prambanan dengan naik Trans Jogja. Sayangnya akibat gempa tahun 2004 lalu, banyak banget candi yang runtuh dan beberapa masih dalam berbaikan. Sayang banget kan kalo kita harus kehilang salah satu bangunan yang paling bersejarah.
Minggu (12/7), Kita pergi bareng Heni sekelurga jalan-jalan ke Pantai Bocor, Kebumen. Lia sendiri heran kenapa pantainya dikasih nama Pantai Bocor, kaya ga ada nama lain aja. Pantainya bersih, ombaknya tinggi, makanya disini ga ada permainan kaya banana boat ato yang berselancar. Katanya sih biasanya sepi, tapi berhubung minggu ini masih liburan sekolah jadi pantai ini ramai dikunjungi orang-orang yang berlibur.
Senin (13/7), Hari ini kita akan berkunjung ke rumahnya Mursi di daerah Prembun, sekitar 1/2 jam dari Kebumen. Wuih, perjalanannya sungguh menyenangkan. Keren banget, dari jalan raya kita naik becak ke rumah nya sekitar 15 menit. Perjalanannya ke sana melewati sawah-sawah, keren banget deh.
Sorenya, kita ngenterin Heni ke jalan raya. Soalnya Heni engga bisa nginep. Kita ngenterin pake sepeda!! Seru banget, jalan-jalan pake sepeda keliling kampung sampe dikejar kerbau! Kita genjot sepeda kenceng-kenceng ngeliat di belakang kita ada dua kerbau yang lepas ikatannya dan lari ngejar kita. Lia yang duduk di belakang, cuma bisa nyemangatin dari belakang. Deg-degan banget, kalo diseruduk kan yang kena duluan Lia!!! Berkesan banget deh, pengalaman di Prembun ini.
Tadinya kita ga mau nginep di rumah Mursi, cuma mau main aja tapi ga tau kenapa dia maksa banget kira harus nginep di rumahnya sampe nangis-nangis segala. Tapi akhirnya kita tahu alesanya, orang tuanya udah nyiapin semuanya buat kita. Mereka excited banget temennya Mursi dari Jakarta mau main ke rumahnya. Mereka sudah bilang sama tetangga-tetangga.
Mereka udah nyiapin semuanya dari hari pertama kita ke Kebumen, kirain mau langsung main ke Prembun, tapi ternyata engga, mereka kecewa. Terus Mursi bilang kita mau kesana pulang dari Jogja, dan mereka menyiapkan makanan semuanya untuk kita, tapi sayangnya kita mengecewakan mereka lagi. Dan kalo misalnya kita ga jadi nginep, sungguh mereka pasti kecewa banget.
Sebenernya Lia tau keadaannya ekonomi keluarga mereka, makanya lia ga mau nginep khawatir ngerpotin mereka. Namun mereka sungguh menyiapkan semuanya, membuat ranjang baru, meja baru, dan membuat pintu untuk kamar mandi. Entah mereka terlalu bahagia karena teman anaknya mau main ke rumahnya atau mereka tidak mau membuat anaknya malu dengan keadaan mereka. Padahal kulihat di kamar orang tuanya, ranjangnya masih patah dan belum diperbaiki. Oh, sungguh Lia jadi merasa bersalah baru orang tua itu. Sungguh mereka seorang yang sangat baik, sangat sederhana namun sangat memuliakan tamu seperti yang dicontohkan Rasulullah.
Selasa (14/7)Pagi hari di Prembun, kita jalan-jalan naik sepeda ke perkampungan nganterin es kacang ijo ke warung sebelum pulang ke Kekbumen. Terus foto-foto di sawah. Hehe
Sore hari, waktunya pulang. Udah seminggu kita di Kebumen, ngerepotin banyak orang. Seminggu disini sungguh berkesan yang ga mungkin ditemui di Jakarta. Pokonya sungguh luar biasa.
Matur Nuwun sanget…
Mba Heni n keluarga yang udah nampung kita selama disana, Mba Mursi n keluarga yang dah nyiapin semuanya buat kita. Berasa tamu agung kita . Dedew teman seperjalananQuw, hoho.. Ivan, Iin n Ana yang dah mau repot-repot jadi guide kita n direpotin kesana kemari. Hatur nuhun, terima kasih, tararengkyu pokona mah…
No comments:
Post a Comment